Bibit Pohon Palem

Bibit Pohon Palem

 Beragam type tumbuhan menghiasi alam bumi ini, terutama di Indonesia. Terkecuali kekayaan alam hewani, Indonesia juga kaya kekayaan alam nabati. Bermacam pohon tumbuh di Indonesia. Mulai pohon dengan batang kecil sampai batang yang besar. Terkecuali pohon dengan daun yang lebat sampai pohon yang mempunyai daun sedikit. Begitupun pohon dengan akar yang kuat serta besar, adapula pohon dengan akar kecil serta kokoh.

Bermacam pohon yang tumbuh juga mempunyai karakteristik tumbuh di tanah yang berlainan. Secara singkat, tiap-tiap pohon yang tumbuh bakal di pengaruhi oleh susunan tanah atau tempat lokasi spesifik. Umpamanya, pohon kelapa umumnya tumbuh subur didaerah pedesaan maupun dekat pantai. Begitupun pohon yang lain bakal sesuaikan dengan susunan tanah yang ada. Jika satu tanaman dipaksakan ditanam di tempat yang bukanlah habitatnya, jadi tanaman itu bakal layu, bahkan juga makin lama tanaman itu bakal mati. Demikian sebaliknya, jika satu tanaman ditanam ditanah yang mensupport habitatnya berkenaan dengan susunan tanah yang bagus, jadi tanaman itu bakal tumbuh subur.

Umummnya di ruang suatu hotel dekat pantai ada pohon yang menarik untuk dilihat. Pohon itu bukan sekedar indah namun juga mempunyai makna. Pohon itu yaitu pohon palem. Pohon ini umumnya ada disebuah obyek wisata. Tetapi, pohon palem ini dapat kerap didapati di perkotaan serta umumnya di tanam di pekarangan suatu rumah.

Pohon palem ini adalah pohon yang mempunyai karakteristik atau ciri sendiri. Memanglah sepintas serupa dengan pohon kelapa lantaran mempunyai susunan batang yang menjulang tinggi keatas. Tetapi, pada intinya pohon itu tak sama juga dengan pohon kelapa. Struktru batang pohon ini umumnya tinggi ke atas. Daun yang ada diatas juga biasanya lebar serta banyak. Diluar itu, pohon itu juga ditopang oleh akar yang kuat.

Dalam satu peluang, saya berbarengan rekan satu kantor bertandang ke suatu pantai. Di sekitar pantai itu terlihat pohon palem menghiasi halaman suatu hotel. Menariknya, kenapa pohon itu kuat ditengah terjangan angin laut yang kencang. Pohon itu mempunyai banyak segi positif untuk tingkatkan kwalitas unggul seorang.

Pertama, pohon itu tentu mempunyai akar yang kuat. Tanpa ada akar yang kuat, pohon itu tak mungkin saja bisa bertahan ditengah terjangan angin kencang. Akarnya sudah mengakar kuat dalam susunan tanah hingga dapat mengokohkan pondasi batangnya yang tumbuh tinggi ke atas. Hal semacam ini sama juga dengan keadaan kehidupan manusia. Pada saat tiap-tiap individu mempunyai pondasi yang kuat, jadi ia akan tidak gampang goyah oleh angin. Juga sebagai misal, jika ada angin yang mengarah ke barat jadi individu itu terus pada posisinya serta tak dipengaruhi oleh arah angin kehidupan. Pondasi kehidupan tiap-tiap individu yaitu keimanan serta ketakwaan pada ALLAH SWT. Pada saat tiap-tiap manusia mempunyai pondasi keimanan kuat jadi ia bakal memperoleh keselamatan dunia serta akherat lantaran ia akan tidak gampang dipengaruhi angin negatif kehidupan.

Ke-2, pohon palem itu mempunyai susunan batang yang seimbang. Berarti, pohon batang itu tak terlampau besar serta tak terlampau kecil. Diluar itu, pohon itu susunan bawah batangnya sama sampai sisi teratas batangnya. Pohon itu tak mempunyai ketidaksamaan ukuran dalam susunan batangnya. Hal ini dapat mempunyai nilai kehidupan. Tiap-tiap individu sebaiknya melakukan kehidupan dengan cara seimbang. Seperti, sunnah nabi tentang saat sebelum serta setelah makan. Berhenti makan saat sebelum kenyang serta makan sesudah rasakan lapar. Hal semacam ini mempunyai arti satu diantaranya manusia agar tak serakah, tamak serta individu mempunyai fisik yang seimbang. Jika manusia melakukan kehidupan dengan cara seimbang sesuai sama hak serta kewajibannya, jadi individu itu akan tidak merugikan atau mengambil hak punya orang lain. Jika seorang tak seimbang dalam melakukan denyut kesibukan atau pekerjaan, jadi individu itu bakal merugikan orang-orang, umpamanya korupsi. Korupsi berlangsung lantaran individu yang lakukan itu memiiliki salah satu karakter yang negatif, yaitu serakah, hingga kehidupannya bakal merugikan rakyat lantaran hidupnya tak seimbang.

Ketiga, Daun pohon palem ada di ujung batang teratas. Salah satu manfaat daun pohon itu yaitu untuk bikin situasi teduh yang ada di bawahnya. Jika seorang ada dibawah pohon palem, jadi mereka bakal rasakan tempat yang nyaman. Tiap-tiap manusia sebaiknya juga mempunyai karakter seperti daun pohon palem, terutama seseorang pemimpin. Pasalnya, tiap-tiap pemimpin sebaiknya jadi pelindung serta pengayom untuk orang yang ada dibawahnya. Pemimpin itu mesti bisa membuat perlindungan dari “panas serta hujan” kehidupan. Umpamanya, tiap-tiap ada persoalan, seseorang pemimpin mesti berani bertanggungjawab serta memberi jalan keluar atas permasalahan yang tengah dihadapi.

Pada dalam itu, terkecuali bikin teduh lingkungan sekitarnya, pohon palem adalah salah satu pohon yang menarik. Pohon itu menarik untuk dipandang lantaran aspek keindahannya. Suatu hal yang indah juga bakal menarik perhatian. Begitupun manusia, tiap-tiap individu bakal menarik perhatian ketika individu itu mempunyai keindahan. Keindahan itu bukan sekedar terpancar dari aspek eksternnya, fisiknya, tetapi juga mesti terpancar dari dalam hati, aspek internnya. Seorang bakal senantiasa mempunyai sinar keindahan dalam denyut sosial, pada saat orang itu senantiasa berbuat kebaikan serta indah dalam perilakunya. Bagaimanakah anda menyikapinya?

Tinggalkan komentar